Sabtu, 22 Januari 2011

Wah, China Beberkan Kebusukan Apple

Bagikan ke Teman:
Di balik teknologi yang fantastis, Apple ternyata memiliki sisi gelap. Lembaga lingkungan China menuding Apple tak bertanggungjawab pada kesehatan dan keselamatan pekerjanya.

Institute of Environmental and Public Affairs di China menganggap Apple tak memperhatikan kondisi pabrik komponennya sehingga banyak karyawan sakit atau bunuh diri. Apple berada di peringkat ke-29 dalam hal perhatian pada kondisi kerja.

Posisi tersebut terendah di antara perusahaan multinasional lain di China. ‘The Other Side of Apple,’ merupakan tajuk laporan sisi lain Apple. Laporan ini dibuat setelah beberapa pekerja di pabrik komponen Apple di China bunuh diri pada 2010.


Peristiwa itu sering terjadi di Foxconn, salah satu kontraktor produk Apple. Bahkan seperti dikutip DailyMail, kabarnya ada petinggi agama disewa guna mengusir roh jahat yang dianggap sebagai penyebab terjadinya bunuh diri itu.

Di pabrikan komponen Apple lain Wintek Corp, lusinan pekerja dilaporkan sakit karena terekpos bahan kimia saat bekerja. Namun, Apple tak kunjung mengatasi peristiwa-peristiwa itu. Juru bicara Apple China Carolyn Wu mengklaim pihaknya berkomitmen memastikan standar tertinggi tanggung jawab sosial.

Namun, mereka tak menanggapi laporan tersebut secara spesifik. “Kelakuan Apple berbeda dibanding merek besar lain dan terkesan sangat tak tanggap,” kata direktur LSM terkenal di China Institute of Public and Environmental Affairs Ma Jun.

inilah.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.