Selasa, 11 Januari 2011

Ilmuwan: PBB Harus Bersiap Hadapi Alien

Bagikan ke Teman:
Ilmuwan menyatakan pemerintah dunia harus siap jika Bumi dikontak alien. Menurut mereka, PBB harus diberi tugas ‘hubungan supranatural’ ini dan memformulasi rencananya.
 
Dalam publikasi Philosophical Transactions of the Royal Society, para ilmuwan memeriksa semua aspek pencarian kehidupan di luar Bumi, mulai dari astronomi dan biologi hingga politik dan agama yang akan menghasilkan kontak alien.

“Apakah proses sudah sesuai saran ahli, atau kepentingan kekuasaan dan oportunisme lebih sesuai?” tanya Prof John Zarnecki dari Open University dan Dr Martin Dominik dari University of St Andrews.


“Kurangnya koordinasi dapat dihindari dengan menciptakan kerangka kerja menyeluruh secara global yang diatur badan politik legitimasi internasional,” kata mereka. Mereka berpendapat PBB memiliki mekanisme siap pakai untuk forum dalam Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (Copuos).

Negara-negara anggota Copuos harus menempatkan “hubungan supra-bumi” di agenda mereka, kata Zarnecki dan Dominik. Seperti dikutip Presstv, selain itu, struktur serupa harus dibentuk untuk menangani ancaman objek dekat Bumi, seperti asteroid.

Menurut profesor paleobiologi evolusi Cambridge University Simon Conway Morris, siapapun yang berencana menghubungi alien harus mempersiapkan diri untuk yang terburuk. Evolusi alien mungkin seperti sifat alami Darwin, lanjutnya.

Morris menyatakan kehidupan di tempat lain di semesta mungkin memiliki kesamaan penting dengan kehidupan Bumi, terutama planet yang mirip Bumi. Artinya, alien bisa saja memiliki rupa mirip manusia dengan kecenderungan kekerasan dan eksploitasi.
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.