Senin, 17 Januari 2011

ASEAN Siap Bantu Australia dan Brazil

Bagikan ke Teman:
"ASEAN menyampaikan kepedulian dan keprihatinan serta simpati dan siap membantu."

Negara-negara ASEAN sepakat membantu sejumlah negara sahabat dan tetangga yang tengah dilanda bencana alam, seperti banjir di Australia, Sri Lanka, dan Brazil.
Sebagai tuan rumah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Marty Natalegawa, menyatakan bahwa kesepakatan itu merupakan salah satu hasil pertemuan "ASEAN Ministerial Meeting (AMM) Retreat" di Lombok, 16-17 Januari 2011.


"Menteri luar negeri negara-negara ASEAN menyampaikan kepedulian dan keprihatinan serta simpati dan menyatakan kesiapan untuk memberi bantuan," tutur Marty kepada wartawan di Lombok Utara, Senin 17 Januari 2011.

Menurut Natalegawa, pertemuan menteri luar negeri (Menlu) ASEAN, yang berakhir hari ini, telah menyepakati sejumlah rencana strategis bagi Perhimpunan Negara Asia Tenggara itu pada 2011. "Indonesia bisa tampil dengan konsep-konsep, termasuk mengidentifikasi program-program yang meningkatkan kepedulian tentang ASEAN," ujar Natalegawa.

Pada hari terakhir pertemuan tersebut, para menteri luar negeri ASEAN juga menyepakati akan bertemu kembali khusus untuk membahas masalah visi ASEAN dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur. Pertemuan KTT Asia Timur akan berlangsung pada Mei di Jakarta dan Oktober di Bali.

Dalam pertemuan tersebut, negara-negara ASEAN diharapkan dapat berperan di tingkat global yang dilakukan secara bersama-sama sehingga lebih konstruktif.
Natalegawa menuturkan, terkait dengan peranan negara-negara ASEAN di tingkat global sudah tecermin dalam bidang-bidang, seperti perubahan
iklim.

Pada pertemuan AMM kali ini juga membahas secara panjang lebar untuk menemukan bentuk agar ASEAN tetap dalam posisi penggerak dalam KTT Asia Timur mendatang. Terkait dengan itu, Indonesia memberikan pandangan secara substansi agar pada KTT Asia Timur tersebut perlu
difokuskan pada masalah geopolitik.

''Intinya, pada KTT Asia Timur 2011 nantinya bisa membantu menciptakan kawasan yang damai, stabil, dan aman di Asia Timur. Kami senantiasa menggunakan istilah keamanan bersama, kesejahteraan bersama, dan stabilitas bersama," papar Marty.

Sepuluh delegasi negara anggota AMM melangsungkan pertemuan persiapan untuk ASEAN Summit yang digelar di Indonesia pada 2011 ini. Pertemuan tersebut dilakukan di Hotel Oberoi, Lombok Utara, dengan diikuti menteri luar negeri masing-masing negera. Diantara 10 negara tersebut, hanya menteri luar negeri Vietnam dan Filipina yang tidak hadir.

Sementara itu, delegasi lainnya, yakni Menlu Brunei Darussalam Pangeran Mohammed Bolkiah, Menlu Kamboja Hor Namhong,, Menlu Singapura
George Yeo, Menlu Thailand Kasit Piromya, Menlu Myanmar U Nyan Win, dan Menlu Malaysia Dato' Sri Anifah Aman.

vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.