Minggu, 10 April 2011

ASEAN-Jepang Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Bagikan ke Teman:
Negara-negara ASEAN membulatkan suara untuk mendukung proses pemulihan Jepang pasca bencana gempa bumi dan tsunami. Timbal baliknya, Jepang akan mendukung ASEAN dalam sistem manajemen bencana.


Hal ini merupakan beberapa hasil pertemuan antara perwakilan negara-negara ASEAN dengan delegasi Jepang yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Takeaki Matsumoto, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu, 9 April 2011.

Pada pertemuan yang dibuka oleh Presiden SBY tersebut, para perwakilan negara-negara ASEAN, yang sebagian besar diwakili oleh menteri luar negeri, menyatakan kebulatan tekad untuk membantu Jepang dalam proses rekonstruksi pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi awal Maret lalu.

"Negara-negara ASEAN menegaskan komitmennya untuk mendukung pemulihan dan rekonstruksi Jepang," tulis pernyataan hasil pertemuan tersebut.

Negara-negara ASEAN juga sepakat dengan Jepang untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang manajemen bencana. ASEAN dikatakan dapat belajar banyak dari cara Jepang menangani bencana dan membangun sistem peringatan bencana.

"ASEAN menyambut komitmen Jepan untuk lebih memperkuat dukungannya kepada ASEAN dalam usaha mempromosikan dan meningkatkan kemampuan dalam manajemen bencana," tulis pernyataan ASEAN.

Menteri Luar Negeri Jepang, Takeaki Matsumoto, menyatakan terima kasihnya atas bantuan ASEAN dalam proses pemulihan di negaranya. Dia mengatakan hubungan Jepang dan ASEAN sangat dekat, sehingga Jepang bertekad untuk membantu perkembangan di ASEAN.

"Seiring dengan perkembangan di ASEAN, kami juga akan mendukung pengembangan tersebut. Kami juga akan mendukung perwujudan komunitas ASEAN yang ditargetkan pada 2015. Jepang akan turut berkontribusi dalam usaha mencapai komunitas ASEAN," ujar Matsumoto.

Pada kesempatan itu, Matsumoto juga menyampaikan situasi terkini pada reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi. Dia mengatakan bahwa situasi telah berangsur-angsur dapat dikendalikan. Matsumoto memuji sikap ASEAN yang bijak menanggapinya.

"Negara-negara ASEAN dengan tenang menghadapi masalah ini," ujar Matsumoto.
Pada pertemuan itu, juga dibahas rancangan kesepakatan kerjasama kemitraan strategis antara ASEAN dengan Jepang pada 2011-2015.

vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.