Minggu, 13 Maret 2011

4 Mahasiswa RI di Fukushima Selamat

Bagikan ke Teman:
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang, menyatakan telah berhasil mengontak empat mahasiswa asal Indonesia yang berada di Fukushima.


Fukushima merupakan lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir yang sempat bocor. Pemerintah Jepang, telah mengevakuasi ribuan warga hingga radius 20 kilometer dari pembangkit itu.

Dalam akun Twitter, @KBRITokyo menulis, "4 mahasiswa Indonesia di Fukushima telah kontak dengan KBRI Tokyo dan berada kondisi baik."

Sayangnya, belum diketahui berapa jumlah pasti WNI yang berada di kota itu. VIVAnews.com belum bisa menghubungi KBRI Tokyo. Telepon yang dituju selalu sibuk.

Hanya saja, Twitter Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief mengatakan, setidaknya 82 WNI berada di kota itu.

Dalam laman resminya, KBRI juga melaporkan dua tim relawan KBRI telah menuju wilayah Miyagi dan Iwate, dan diperkirakan tiba pada Minggu pukul 02.00 dini hari waktu setempat, setelah menempuh pejalanan 18 jam.

Pada pukul 21.30, tim telah berhasil menemui 70 WNI yang menempati pengungsian di SMP Sanjo, Kota Sendai. Pengungsian di kota Sanjo merupakan 1 dari 6 tempat pengusian di wilayah Sendai.

WNI di tempat tersebut dalam kondisi baik. Menurut Tim, logistik yang dibawa cukup untuk dua hari dan kondisi di tempat tersebut kekurangan air bersih. Penampungan tersebut saat ini tidak dialiri listrik.

Data korban gempa terkini sebanyak 1.000 meninggal, dan 400 orang hilang. KBRI Tokyo telah menerima pengaduan lewat call center, dari 278 orang yang dicari, 49 WNI sudah bisa dihubungi.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari asosiasi penyalur tenaga magang asing ke Jepang, IMM Japan, 46 dari 57 WNI magang dikonfirmasikan selamat. Sementara 11 pemagang lainnya sedang berusaha dihubungi, namun perusahaan mereka bekerja berada di wilayah yang tak parah, sehingga diharapkan selamat.

Terdapat sembilan perawat di di wilayah Miyagi, dan semuanya diindikasikan selamat. 50 mahasiswa Indonesia di International University of Japan (IUJ) dan empat perawat di Niigata dalam keadaan selamat.
Info terbaru dari Japan Seamen Union, menyampaikan terdapat 28 anak buah kapal WNI dalam keadaan selamat di Kota Ishonomaki.

KBRI Tokyo juga telah membuka SMS center di nomor  +81-80-3506-8612 dan call center di +81-90-3132-4994.

vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.