Jumat, 04 Februari 2011

UGM Tempati Peringkat Tujuh di Asia Tenggara

Bagikan ke Teman:
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menempati peringkat tujuh dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics edisi Januari 2011.

"Posisi itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang berada di urutan ke-8," kata Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Suryo Baskoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, di tingkat Asia, UGM yang merupakan universitas negeri tertua di Indonesia itu berada di peringkat 69, sedangkan di tingkat dunia berada di posisi 593.

"Untuk terbaik Indonesia, UGM berada di peringkat pertama setelah tiga tahun sebelumnya juga berada pada posisi teratas. Tahun ini, UGM kembali meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics," katanya.

Ia mengatakan, posisi teratas di Indonesia itu bagi UGM sama dengan yang dicapainya pada Webometrics edisi Januari 2010, 2009, dan 2008.

"Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun, yakni Januari dan Juli, mengeluarkan daftar peringkat," katanya.

Menurut dia, penghitungan peringkat Webometrics didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi.

Penilaian diukur dari empat indikator, yakni "size" (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi), "visibility" (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai).

Selanjutnya, "rich files" (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut) dan "scholar" (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi).

"Data itu dikumpulkan, diolah, dan digunakan untuk memeringkat sekitar 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia," katanya.

Ia mengatakan, capaian yang telah diraih UGM membuktikan publikasi elektronik di domain ugm.ac.id dinilai sebagai yang paling komprehensif dan terkaya di negeri ini.

"Hal itu patut disyukuri, namun peringkat tersebut bukan tujuan UGM. Upaya yang dilakukan UGM untuk meningkatkan kualitas segala aspek kehidupan kampus sesuai dengan visinya adalah demi pengabdian untuk kepentingan dan kemakmuran bangsa," katanya.


antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.