Melalui PT MelOn Indonesia, Telkom akan meluncurkan layanan musik digital (digital music service) yang menyediakan layanan unduh dan streaming musik secara unlimited alias tak terbatas.
MelOn, kependekan dari Melody On, dalam pengoperasiannya didukung Telkom serta pengalaman SK Telecom yang telah mengelola bisnis musik selama bertahun-tahun serta best practices yang telah dicapainya melalui pengoperasian toko musik online di pasar Korea melalui www.melon.com.
Dengan total investasi senilai Rp51 Milyar dan total penguasaan saham 51 persen melalui anak perusahaan Metra, Telkom akan mengambil peran pemasaran dan penjualan layanan di pasar domestik, penyediaan jaringan, billing, dan produk produk.
Di sisi lain, SK Telecom dengan kepemilikan saham 49 persen, dengan nilai investasi sebesar Rp49 miliar, berencana akan mendukung dengan mengerahkan kemampuan manajemennya yang solid dalam membangun platform bisnis DCEH (Digital Content Exchange Hub), menyediakan sumber-sumber konten digital dan mengelola operasional layanan.
"Kekuatan kompetitif utama MelOn Indonesia adalah mampu menyediakan semua jenis musik, termasuk lagu-lagu Indonesia dan Internasional (Pop Amerika/Inggris), bahkan lagu-lagu Korea, Jepang, dan Cina," kata Won Yong Jo, Presiden Direktur PT MelOn Indonesia dalam keterangan resminya, Kamis 4 November 2010.
Melalui layanan ini, Yong Jo mengatakan, para pengguna dapat mengunduh atau mendengarkan semua lagu tadi sesukanya selama periode berlangganan dengan biaya Rp30 ribu per bulan. "Ini tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan toko musik lain. Dengan harga sama mereka hanya dapat menawarkan satu atau beberapa lagu," ucapnya.
Untuk menikmatinya, pelanggan dapat mengunjungi situs LangitMusik.com milik Telkomsel. Sebelumnya, Telkomsel memang berencana menambah bendahara lagunya menjadi sejuta lagu.
Menurut Krish Pribadi, VP Digital Music and Content Management Telkomsel, target tersebut bukan hal yang sulit ketika itu. Pasalnya, Telkomsel optimis induk perusahaan akan menyelesaikan kerja samanya dengan MelOn.
"Hadirnya MelOn Indonesia semakin menunjukkan bahwa Telkom benar-benar terus bertransformasi menjadi sebuah perusahaan dengan portofolio baru yang populer berbasis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Multimedia, dan Edutainment)," kata Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom.
vivanews
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.